Attenuation Vs Distortion ???

Bismillahirrahmanirrahiim…ok readers untuk postingan kali ini aku akan menjelaskan tentang Apakah yang dimaksud dengan Atenuasi dan Distorasi ??? so let’s check this out dan semoga bermanfaat …

Atenuasi adalah hilangnya atau melemahnya kekuatan sinyal pada resistensi medium bila jaraknya terlalu jauh melalui media transmisi , baik menggunakan media guide ataupun unguide , selain disebabkan oleh jarak yang ditempuh , atenuasi juga disebabkan oleh peningkatan frekuensi sinyal selama melewati saluran . Atenuasi biasa terjadi pada sinyal analog , karena atenuasi berubah – ubah sebagai fungsi frekuensi , sinyal yang diterima menjadi menyimpang dan mengurangi kejelasan . Untuk mengatasi efek atenuasi lebih mudah yaitu dengan penambahan alat penguat sinyal seperti repeater dan ampllifier .

Distorasi adalah penundaan ( delay distortion ) yang terjadi akibat kecepatan (frekuensi) sinyal yang melalui medium berbeda Рbeda dan masing Рmasing tidak dapat berjalan bersama Рsama sehingga sampai pada penerima  dengan waktu yang berbeda Рbeda . Ditorasi biasa terjadi pada media transmisi data dengan menggunakan media transmisi guide seperti kabel . Dimana untuk dapat mengatasi efek distorasi ini lebih sulit dibandingkan dengan atenuasi .

Refrensi :

https://pakarkomunikasi.com/gangguan-transmisi-data-dalam-komunikasi

https://techdifferences.com/difference-between-attenuation-and-distortion.html

Leave a Reply